Smart, Tsundere & Romantic ~ My Kind of Woman

37 Rekomendasi Anime Action Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Menurut survey yang dilakukan oleh mahasiswa ITB dan IPB beberapa waktu silam, didapatkan hasil bahwa action adalah genre kedua yang paling diminati oleh animelover setelah genre romance.

Naah, berhubung sebelumnya saya sudah membagikan rekomendasi anime harem terbaik, sekarang saatnya bagi saya untuk membagikan daftar anime action terbaik.

Okay tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung aja disimak :

Full Metal Alchemist : Brotherhood


Anime ini bercerita tentang Edward Elric dan Alphonse Elric (Ed & Al) yang mencoba untuk menghidupkan kembali sang ibu yang sudah meninggal dunia.

Namun, usaha mereka gagal..

Tubuh Al dan kaki kiri Ed diambil sebagai "biaya masuk" karena transmutasi manusia adalah hal tabu didalam ilmu alkimia.

Ed yang panik akhirnya memindahkan roh Al ke dalam baju zirah dengan bayaran tangan kanannya.

Di tengah keputusasaannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang State Alchemist.

Setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga ia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Ed menerima tawaran itu.

Setelah itu, Ed mengikuti tes ujian alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist.

Bersama dengan Al, dimulailah petualangan Ed guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.

Tengen Toppa Gurren Lagann


Jujur aja, dulu saya nonton anime ini karena pada saat itu lagi bingung banget pengen nonton anime apa..

Kemudian saya pun mampir ke MyAnimeList karena untuk melihat daftar anime yang skornya tinggi. Dan akhirnya, saya memutuskan untuk nonton anime ini.

Setelah ditonton bagian awal, hasilnya woooww..

Bukan kaget positif, melainkan kaget karena anime ini tidak sesuai dengan ekspektasi awal saya.

komentar awal saya kira-kira seperti : 'Ini anime apaan sih?', 'Ini anime buat anak kecil kah?', 'Kok bisa anime kaya gini skornya tinggi?' dan lain sebagainya.

Dan saya pun nontonnya cuman 1 episode per harinya.

Akan tetapi, setelah saya paksa untuk nonton, dan melihat plot twist-nya, pendapat saya tentang anime ini berubah drastis. Ternyata anime ini bagus banget nget nget..

Well berhubung saya gak mau bocorin lebih lanjut, silahkan tonton sendiri kalo pengen tau dengan plot twist yang saya maksud.

Katanagatari


Katanagatari adalah serial animasi yang saya selesaikan menontonnya di akhir pekan ini. Diangkat dari novel pendek oleh Nisio Isin, yang juga merupakan novelist dari Monogatari Series.

Berkisah tentang seorang 'ahli beladiri seni pedang tanpa pedang' dan petualangaannya ke dunia luar yang belum pernah ia jumpai sebelumnya.

Plot ceritanya mudah dipahami, tentunya jika penontonnya menyimak dengan baik.

Disini tidak ada kisah kepahlawanan, karena tidak bercerita tentang pahlawan. Tidak juga bercerita tentang benar dan salah, apalagi kisah-kisah menyelamatkan dunia.

Jadi jangan berharap ada kisah fantasi ala Naruto atau One Piece di dalamnya.

Ini tentang perjalanan orang biasa, yang kebetulan dia adalah ahli pedang dan membuat pelbagai hal-hal yang terkait dengan dunia pedang terpilin sepanjang perjalanannya.

Kalian juga tidak bisa berharap bahwa jalan ceritanya akan menjadi akhir bahagia atau akhir yang sedih pun juga akhir yang heroik.

..Saya tidak tahu apakah karena diangkat dari novel kemudian membuat kisah ini lebih terkesan seperti pada sebuah pentas drama atau opera.

Karena hanya sebuah serial pendek, 12 episode dengan tiap-tiap episode sekitar 49 menit, maka untuk memadatkan cerita, anime ini lebih banyak memiliki percakapan daripada adegan aksi.

Namun demikian disini lah saya rasa keunikannya, karena malah seperti membaca sebuah buku ketimbang menonton film.

Jika ada film-film yang ditampilkan tanpa dialog untuk bisa dipahami, maka serial ini adalah kebalikannya.

Fate/Zero


Fate/Zero bercerita tentang Holy Grail War, yaitu sebuah perang antar para penyihir guna mendapatkan Holy Grail yang konon bisa mengabulkan permintaan apapun bagi pemiliknya.

Cara kerja perang ini yaitu tiap penyihir akan mensummon ksatria atau pahlawan mereka. Semuanya berjumlah 7 ksatria. Dan mereka yang mensummon ksatria itu merupakan majikan dari ksatria mereka.

Dan para ksatria wajib menuruti perintah sang majikan.

Nantinya, sang majikan akan mendapat sebuah tato merah di punggung tangan sebelah kanan supaya para ksatria tidak bisa berkhianat kepada mereka.

Nah mereka yang mempunyai ksatria ini harus saling menghancurkan satu sama lain dimana yang bertahan dapat memiliki Grail.

Mobile Suit Gundam 00


Anime ini mengambil latar waktu pada abad 24, dimana bahan bakar planet yang terbentuk dari zaman purba telah habis.

Alhasil, umat manusia harus menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energi primernya.

Sistem tenaga matahari raksasa pun telah didirikan, tersambung ke bumi dan melengkapinya dengan kekuatan melalui tiga orbital space elevator.

Sebagai hasil dari biaya proyek berskala besar, dunia terpecah menjadi 3 fraksi : The Union, The Human Reform League, dan The AUE.

..Terlepas dari kepercayaan umum mereka pada elevator orbital untuk energy, bagaimanapun, umat manusia masih melanjutkan peperangan dan membangun persenjataan.

Suatu organisasi militer bernama Celestial Being berjuang dalam sebuah misi memaksa umat manusia untuk bersatu dan membasmi konflik bersenjata.

Uchuu Senkan Yamato 2199


Plot awal yang dimiliki Yamato sebenarnya sangat sederhana, namun tetap dapat menarik perhatian para penontonnya.

Alkisah, Planet Bumi sedang mengalami ancaman musnah dikarenakan serangan dari bangsa alien Gamillas yang terus menerus menyerang bumi dengan Planetary Bomb.

Serangan yang diakibatkan oleh Planetary Bomb itu membuat lingkungan Bumi menjadi tidak bisa ditinggali oleh umat manusia, sehingga memaksa manusia tinggal di bawah permukaan tanah.

Namun pada tahun 2199, umat manusia mendapatkan kontak dari bangsa alien Iscandar yang menawarkan bantuan untuk mengembalikan lingkungan bumi kembali seperti sediakala.

Lewat rancangan biru yang diberikan bangsa Iscandar, umat manusia membuat kapal antariksa yang mampu melakukan perjalanan antariksa luar yang melampaui kecepatan cahaya, yang dinamakan Yamato.

Umat manusia sekarang hanya bisa menaruh harapan pada Yamato dan para awaknya.

Namun dalam perjalanannya menuju planet Iscandar, Yamato terus menerus mendapat serangan yang sengit dari bangsa Gamillas.

Apakah Yamato mampu mencapai Iscandar untuk mengambil Cosmo Reverse System yang dapat menyelamatkan umat manusia dari kepunahan?

Atau... Apakah planet yang bernama Iscandar itu benar-benar ada?

Baccano


Kalo diurutkan dengan benar, cerita di anime ini ga terlalu rumit, cuma yang bikin puyeng yaitu alurnya yang maju mundur gak karuan.

Bener-bener cerdas nih yang bikin hahaha..

Karena alurnya yang maju mundur kayak gini, jalan ceritanya jadi unpredictable banget.

..Mengambil setting taun 1930-an, anime ini menceritakan berbagai tokoh dengan karakteristik yang unik (menurut saya) yang antara tokoh satu dengan lainnya memiliki hubungan yang kompleks.

Nuansa mafia sangat kental ditambah dengan adanya unsur misteri yang berhubungan dengan para Alchemist beserta rahasia kekekalan abadi milik mereka.

Yang menarik buat saya yaitu adanya dua tokoh semacam narator yang muncul di awal dan akhir episode.

Kedua tokoh ini mengatakan bahwa sebuah cerita tidak memerlukan awal atau awal sebuah cerita tidak perlu ditentukan dari mana dan siapa yang menjadi pusat ceritanya.

Dan mereka juga berkata bahwa tiada akhir bagi sebuah cerita, sebuah cerita akan terus berlanjut dan kita tidak tau apa yang akan kita lihat di masa depan nanti, dan itulah yang membuat sebuah cerita menjadi menarik.

Sedikit sinopsis, tokoh yang dominan dalam cerita ini yaitu Duo Pencuri yang energic dan sangat optimistic. Mereka adalah Isaac Dian dan Miria harvent.

Disekeliling mereka berseteru beberapa keluarga Mafia yang melibatkan orang-orang "Immortal" alias gak bisa mati.

Cukup dah penjelasannya, saya sendiri bingung harus ngejelasin kaya gimana hahaha..

Cowboy Bebop


Cowboy Bebop menceritakan kisah tentang sebuah grup cowboy/cowgirl Bounty Hunter di angkasa.

Mengambil setting tahun 2070 dimana bumi sudah dalam keadaan parah dan orang-orang sudah lumrah untuk tinggal di luar angkasa.

Cowboy Bebop adalah sebuah tim yang awalnya hanya terdiri dari Spike dan Jet. Sepanjang cerita mereka bertemu dengan Faye dan Ed. Mereka tinggal di sebuah kapal induk milik Jet dan Jet juga yang jadi kokinya.

Di series-nya Cowboy Bebop bercerita tentang mereka mencari kriminal-kriminal dari acara Big Shot : Bounty Hunter di TV.

Kemudian mereka mencari kriminal tersebut dan membawanya ke polisi dalam keadaan hidup.

Psycho Pass


Anime ini mengambil tema di masa depan, ketika teknologi sudah sangat maju sampai pada titik dimana manusia berhasil menciptakan sebuah sistem yang disebut Sibyl System.

Sibyl System dianggap 'sempurna' dalam menciptakan kesejahteraan di masyarakat.

Hal itu dikarenakan Sibyl System mampu menilai kesehatan mental, bakat, hingga kecenderungan seseorang dalam bentuk angka yang disebut 'Psycho Pass'.

Angka psycho pass seseorang menjadi patokan bagi orang tersebut dalam segala hal, baik pekerjaan yang bisa diambil dan masa depannya, hobinya, akses masuk ke tempat umum, bahkan menjadi patokan bagi pihak berwenang dalam menentukan baik atau jahatnya seseorang.

Dengan Sibyl System, hukum yang menggunakan pengadilan dan sebagainya sudah tidak berlaku lagi. Karena yang mengadili manusia adalah sistem.

..Cerita dari Psycho Pass sendiri berpusat pada konflik dan dilema yang dialami para penegak hukum yang bekerja dalam badan pemerintah, Public Safety Bureau, yang bertugas mengadili dan menangkap para kriminal sesuai penilaian yang dilakukan Sibyl System.

Shingeki no Kyojin


Tepat 3 tahun yang lalu, dirilis sebuah serial anime dengan cerita pertarungan antara umat manusia dengan raksasa.

Yap kalian benar, anime yang saya maksudkan tentu saja Shingeki no Kyojin atau yang dikenal juga dengan sebutan Attack on Titan.

Latar tempat anime ini adalah di dunia fiksi dimana manusia hidup di kota yang dikelilingi oleh 3 dinding besar, Maria, Rose dan Sina.

Dinding tersebut lah yang membuat mereka merasa aman dari serangan raksasa.

Tapi pada tahun 845, dinding yang memberi kedamaian itu telah di jebol oleh suatu titan misterius yang tingginya melebihi dinding tersebut.

Manusia kini menghadapi ketakutan, ketakutan akan Titan (Raksasa).

Magi Series


Anime ini terbagi kedalam 2 season. Season pertamanya berjudul Magi the Labyrinth of Magic dan season keduanya berjudul Magi the Kingdom of Magic.

Magi menceritakan tentang kisah petualangan dari Aladdin dan Alibaba, nama yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Karena pada dasarnya anime ini terinspirasi oleh cerita dari dongeng 1001 malam. Jadi wajar kalo nuansanya agak arab-arab gitu.

Ceritanya cukup ringan.

Dengan nuansa petualangan, seperti bertarung dengan musuh, menyelamatkan rakyat, dan menjelajah daerah baru, anime ini sangat cocok untuk ditonton di waktu santai kalian.

Code Geass


Anime ini bersetting di dunia fiksi, dimana Jepang telah dikuasai oleh Britannia.

Penjajahan yang dilakukan oleh Britania menyebabkan para warga Jepang kehilangan hak, harga diri, kebebasan, bahkan nama mereka (Semua warga Jepang tidak boleh memakai nama Jepang).

Ceritanya sendiri berpusat pada seorang pemuda dengan kekuatan misteriusnya, Geass Power of the King, yang berusaha untuk membebaskan Jepang dari jajahan Britania.

Ghost in the Shell


Dengan seting masa depan, anime ini mengetengahkan sepak terjang seorang polisi cyborg wanita bernama Motoko Kusanagi, anggota divisi operasi khusus yang dikenal dengan nama Section 9.

Unit khusus ini memiliki spesialisasi untuk menangani dan menyelesaikan kasus kejahatan yang berhubungan dengan teknologi canggih.

Motoko, boleh dibilang berlaku sebagai pemimpin unit itu dan mendapatkan panggilan 'Mayor' dikarenakan jabatan lama yang pernah dipegangnya kala masih bergabung dengan pasukan bela diri Jepang.

Layaknya seorang cyborg pada umumnya, Motoko memiliki kekuatan superhuman dan kemampuan bionik yang diperlukan untuk menuntaskan tugasnya.

Seluruh tubuhnya adalah mesin, hanya bagian otak dan sebuah segmen sumsum tulang belakangnya saja yang masih tersisa dari tubuh manusianya.

Bersama para koleganya, Motoko sibuk memerangi kejahatan cyber yang mengancam stabilitas negara, di mana dalam prosesnya ia menghadapi konflik internal yang berkepanjangan mengenai eksistensi mereka.

Darker than Black


Darker than Black ini termasuk salah satu anime favorit saya. Selain karena genrenya yang cocok banget sama saya, ceritanya pun kece.

Lebih dari itu, menurut saya, setiap episode Darker than Black ini seperti memberikan excitement tersendiri yang membuat kita tidak akan bosan ketika menontonnya.

Anime ini tidak hanya menceritakan tentang orang-orang yang saling membunuh namun ada nilai moral di balik cerita tersebut.

Background story dari masing-masing karakter dapat membuat kita tersentuh dengan cara mereka sendiri.

Dan yang terakhir, saya suka lagu opening dan endingnya, terutama lagu opening yang berjudul Howling by Abingdon Boys School.

Phantom: Requiem for the Phantom


Anime ini bercerita tentang Inferno, organisasi baru yang ditakuti karena berhasil menyingkirkan pemimpin organisasi lain yang tidak bergabung dengan mereka.

Semua tugas membunuh para pimpinan organisasi itu dilakukan oleh seorang assassin yang dikenal dengan nama "Phantom".

Tokoh utamanya adalah Azuma Reiji, seorang remaja dari Jepang yang pergi berlibur ke Amerika.

Ketika sedang mencari jalan, secara tidak sengaja ia melihat Phantom sedang beraksi. Karena kejadian ini, maka Phantom yang ternyata adalah seorang perempuan dan dikenal dengan nama "Ein", memburu Reiji untuk menghilangkan saksi mata.

Tetapi Scythe Master, orang yang "menciptakan" Phantom, berpendapat lain. Ia mengatakan bahwa ia melihat Reiji mempunyai "bakat" untuk menjadi assassin yang tangguh.

Oleh karena itu, ia tidak memerintahkan Phantom untuk membunuh Reiji tetapi memberi Reiji 2 pilihan: berlatih menjadi assassin di bawah didikan Phantom, atau mati.

Reiji akhirnya memilih untuk menjadi assassin dan diberi kode nama: Zwei.

Meskipun ia sudah dilatih menjadi assassin, Reiji masih mempunyai keinginan dan pemikiran untuk melepaskan diri dari Inferno dan ia pun mulai mempunyai perasaan terhadap Ein yang sepertinya juga merasakan hal yang sama kepada Reiji.

Sementara itu, di dalam tubuh Inferno sendiri mulai terjadi perpecahan dan terjadi upaya saling menjatuhkan antara para petinggi di organisasi tersebut.

Zetsuen no Tempest


Suatu hari, seorang putri penyihir dimasukan ke dalam tong dan dibuang ke suatu pulau terpencil. Suatu hari, seorang gadis tiba-tiba dibunuh, dan pelakunya masih bebas berkeliaran.

Dan suatu hari, kisah tragis dunia yang irasional ini dimulai!

Anime ini terinspirasi oleh karya-karya William Shakespeare, yaitu The Tempest dan Hamless.

Zetsuen no Tempest adalah kisah tragis yang mengeksplorasi keseimbangan dari kewarasan dan kegilaan, rasa dan kecerdasan, dan rasa percaya diri dan keyakinan.

Cerita ini berkisah Mahiro Fuwa, seorang remaja yang keluarganya dibunuh secara misterius satu tahun sebelumnya, dan temannya Yoshino Takigawa.

Suatu hari, Mahiro mengadakan kontrak dengan seorang penyihir guna mengetahui penyebab atas kematian keluarganya.

Setelah mengetahui niat temannya, Yoshino pun bergabung dalam petualangannya Mahiro.

Samurai Champloo


Bagi yang belum tahu, Samurai Champloo merupakan buah karya kedua Shinichiro Watanabe sesudah seri Cowboy Bebop yang legendaris.

Serupa dengan Bebop yang meramu musik jazz dengan adegan-adegan aksi koboi luar angkasa, Samurai Champloo juga menyelaraskan musik hiphop dengan ganasnya pertarungan pedang ala samurai di penghujung zaman feodal Jepang.

Namun, berbeda dengan Bebop yang rada serius dan berkesinambungan, Champloo bersifat episodik, hampir ga serius, dan bahkan kadang rasa ngasal dalam netapin alur ceritanya.

Tapi tenang aja.. Tetep worth-to-watch kok..

Black Lagoon


Berpusat di kota Roanapur, Black Lagoon adalah anime dengan intesitas action tingkat tinggi dan artwork yang luar biasa.

Tidak gampang menyajikan sesuatu yang erat kaitannya dengan dunia hitam kriminalitas. Salah satu karya Madhouse yang saya acungi jempol.

Bercerita tentang Rokuro Okajima atau biasa dipanggil Rock, seorang pegawai biasa yang berakhir dengan nasib sial karena suatu musibah, dan bergabung dengan Lagoon Company bersama Revy, Benny dan Dutch.

Intrik dan konflik menjadi makanan utama dalam Black Lagoon.

Bayangin aja kalo Mafia Rusia, Hongkong Triad, hingga Yakuza berada dalam satu anime itu bakal jadi kaya gimana?!

'Greget' kalo kata Maddog mah hahaha..

To Aru Kagaku no Railgun


Kali aja masih ada yang belum tahu, seri ini merupakan gaiden dari seri To Aru Majutsu no Index yang juga dibuat Kamachi-sensei. Ceritanya berbagi latar dan sejumlah tokoh yang sama.

Tapi kalo saya pribadi sih lebih suka Railgun ketimbang Index..

Oiya.. Di season pertamanya kita akan disuguhi oleh kisah Mikoto dkk dalam menghadapi mesalah esper dan non-esper yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban di Academy City.

Sedangkan di keduanya, masalah yang terjadi lebih besar dari apa yang Misaka bisa tangani secara waras yaitu dia berhadapan dengan sisi gelap dari Academy City sendiri itu.

Dia menyadari kalo ada pihak yang menyalahgunakan DNA dan sampel darahnya untuk dipergunakan dalam penelitian yang keji.

Selanjutnya, Mikoto pun melakukan serangkaian aksi terorisme yang menggagalkan penelitian tersebut.

Nanatsu no Taizai


Dengan latar belakang kerajaan dan dunia yang dihuni oleh berbagai ras, di dunia ini kerajaan dilindungi oleh para Ksatria Suci yang memiliki kemampuan bertarung dan sihir yang luar biasa.

Diantara para ksatria ini ada grup ksatria suci yang luar biasa kuat yaitu Nanatsu no Taizai.

Tapi entah kenapa mereka melakukan pemberontakan hebat dan membantai semua Ksatria Suci kerjaan. Dan setelah itu mereka malah menghilang.

Setelah sepuluh tahun menghilangnya Nanatsu no Taizai, para ksatria suci melakukan kudeta terhadap kerajaan.

Dan di detik-detik terakhir, raja memerintahkan putrinya Elizabeth untuk kabur dan mencari Nanatsu no Taizai untuk meminta pertolongan.

"Lho kok malah minta bantuan ke pemberontak?"

Ini emang salah satu yang bikin penasaran dan nanti mungkin akan jadi jelas secara bertahap di animenya.

Sang Putri pun akhirnya mencari Nanatsu no Taizai ke pelosok negeri sambil menyembunyikan diri, masalahnya banyak yang nganggap Nanatsu no Taizai sudah mati bahkan mereka hampir dianggap sebagai mitos bagi masyarakat.

Tapi tanpa sengaja Sang Putri akhirnya malah bertemu Kapten dari Nanatsu no Taizai dan mereka pun melakukan perjalanan untuk mencari anggota-anggota Nanatsu no Taizai yang lain.

Kill la Kill


Kill la Kill adalah sebuah serial anime garapannya Studio Trigger yang disutradarai oleh Imaishi Hiroyuki dan ditulis oleh Nakashima Kazuki dengan desain karakter oleh Sushio.

Dimana ketiganya pernah bekerja sama dalam membuat anime legendaris berjudul Tengen Toppa Gurren Lagann.

Kisah anime ini berlatar di sebuah SMA dimana murid-muridnya memiliki seragam yang dapat memberikan berbagai macam kekuatan dan kemampuan.

Bisa dibilang Kill la Kill ini termasuk salah satu anime favorit saya.

Yaa emang sih rada-rada Ecchi, tapi gak banget banget kok.

Pokoknya, didalamnya banyak banget kejadian aneh, lucu dan aksi-aksi keren yang bikin kita betah duduk berjam-jam di depan PC untuk menonton anime ini xD.

Nurarihyon no Mago


Anime ini bercerita tentang Rikuo Nura, cucunya Nurarihyon dari Nura Clan yang berumur 13 tahun.

Di dunia yokai, umur 13 tahun udah dianggap sebagai yokai dewasa (aneh, kalo kita 17 tahun kan?)

Nah si Rikuo ini pertamanya mengalami konflik tentang dirinya yang ternyata punya 1/4 darah yokai dari si mbahnya, Nurarihyon.

Soalnya si Nurarihyon nikah sama Yo Hime yang manusia 100%, jadi anaknya Nurarihyon alias bapaknya Rikuo punya 1/2 darah yokai. Nah si bapak ini nikah sama manusia juga, si ibunya Rikuo, jadi Rikuo punya darah yokainya cuma 1/4 doang.

Dulu waktu kecil Rikuo bangga banget sama mbahnya karena Nurarihyon itu adalah pemimpin dari Parade Malam 1000 Yokai.

Tapi semenjak dia diejek temennya di sekolah dan ngedenger sendiri dari salah satu keluarga Nura yang suka ngebunuhin anak kecil, Rikuo jadi benci sama Yokai.

Dia kecewa ternyata yokai itu jahat. Soalnya selama ini yokai-yokai yang ada di mansionnya baik semua sama dia *poor Rikuo* *peluk*

Pokoknya ribet banget deh, padahal Soutaichou udah nyalonin Rikuo jadi penggantinya eh Rikuo malah kabur deh..

Pas malem itu kandidat pengganti Soutaichou *saya lupa namanya* ngebuat bis yang ditumpangi Rikuo kecelakaan, untungnya Rikuo pas itu bisa pulang jalan kaki.

Rikuo panik pas tahu itu soalnya temen-temennya termasuk 'temen' masa kecilnya, Kana, ada di bus itu.

Tapi pas dia mau nyelametin mereka...

Selanjutnya kalian tonton sendiri aja yak. Pokoknya konfliknya dimulai dari kejadian tersebut.

Jormungand


Anime yang direkomendasikan oleh teman sekelas waktu kuliah, boleh lah nih Jormungand, anime ini dirilis tahun 2012 pada musim Spring kemudian lanjut saat musim Gugur, Untuk season 2 namanya Jormungand : Perfect Order.

Bercerita tentang seorang gadis muda bernama Koko Hekmatyar yang menjual senjata dibawah naungan HCLI.

Dia memiliki sebuah tim yang beranggotakan delapan orang, sebagian besar orang di timnya adalah mantar militer veteran.

Namun suatu hari, Koko merekrut satu anggota anak-anak bernama Jonah.

Meskipun dia seorang anak-anak, tapi dia memiliki kemampuan bersenjata sangat mengagumkan. Meski begitu dia adalah seorang yang membenci senjata.

Alasannya bergabung dengan Koko Hekmatyar adalah untuk mencari penjual senjata yang telah membunuh kedua orang tuanya.

Jalan ceritanya cukup ringan dan mudah dimengerti. Dan menariknya, anime ini pernah mengambil setting di Indonesia looh :D
Ansatsu Kyoushitsu


Apa jadinya jika kalian mempunyai guru seorang alien?

Dan apa jadinya jika kalian ditugaskan untuk membunuh alien yang mempunyai kecepatan 20 Mach dan dihargai oleh pemerintah dunia untuk membunuhnya senilai 10 milyar yen?

Wah, pasti semangat dong untuk membunuh alien tersebut.

Yup, kira-kira seperti itulah premis anime ini.

..Ansatsu Kyoushitsu berlatar di dunia fiksi dimana 70% bagian bulan telah dihancurkan oleh seekor alien berbentuk gurita.

Si gurita ini, yang selanjutnya dinamai Koro-Sensei, mengancam akan menghancurkan bumi dalam waktu satu tahun kedepan.

Untuk mencegah bumi menuju kehancuran, makhluk tersebut menawarkan dirinya untuk menjadi wali kelas 3E di SMP Kunugigaoka dan menjadi sasaran untuk dibunuh senilai 10 milyar yen.

Mendengar imbalan yang tinggi tersebut membuat para murid kelas 3E berusaha untuk membunuh alien tersebut walaupun kemungkinan untuk membunuhnya sangatlah kecil.

Arslan Senki


Anime ini meceritakan tentang seorang putra mahkota kerajaan Pars yang bernama Arslan, dimana kerajaan tersebut di ambil alih oleh kerajaan Lusitania.

Pada usia 14 tahun, Arslan ikut dalam perang untuk pertama kalinya dan kehilangan segalanya, setelah ayahnya, Raja Adragoras kalah dalam pertempuran, setelah Arslan berhasil menyelamatkan diri bersama pengikutnya yang setia, Daryun.

Bersama temannya yang baru, Narsus, Elam, Gieve dan Farangis, Arslan membangun kekuatan baru untuk melawan tentara Lusitania yang di pimpin oleh kesatria yang dikenal sebagai “Silvermask” dan berusa keras agar dapat merebut kembali kerajaannya yang jatuh.

Owari no Seraph


Diangkat dari judul manga yang sama, Owari no Seraph menjanjikan cerita aksi yang sangat menarik untuk dinikmati para pencinta anime.

Dikisahkan pada tahun 2016 di kalender vampir, dunia yang pada awalnya aman tenteram, tiba-tiba terusik oleh wabah yang disebabkan oleh virus tak dikenal.

Virus itu menyebabkan kematian pada orang yang terjangkit, namun untungnya faktor-faktor tertentu dapat membuat seseorang terhindar dari virus mematikan itu.

Di suatu panti asuhan, hiduplah anak-anak yang sudah ditinggal orang tuanya. Di antaranya ada seorang anak bernama Yuuichirou Hyakuya.

Dia sangat terobsesi untuk membunuh vampir, dan tentunya ia sudah membekali diri dengan pengetahuan cara efektif membunuh vampir.

Namun Yuuichirou Michaela memberitahu Hyakuya bahwa membunuh vampir tidak semudah itu dikarenakan level kekuatan vampir jauh berbeda dengan manusia biasa.

Ingin bebas dari dunia vampir yang mengekangnya, Hyakuya berencana untuk bisa keluar dari dunia yang dikendalikan vampir itu.

Bersama Mika yang tahu jalur rahasia, ia bersama anak panti yang lain hampir berhasil mencapai pintu keluar, sampai mereka dihalangi oleh Felid Bathory.

Ternyata rencana ini sudah diketahui oleh sang vampir, dan sengaja membiarkan mereka lolos dari penjagaan.

Sayang sekali usaha anak-anak panti itu berakhir tragis, hampir semuanya tewas di tangan Bathory.

Tinggal Michaela dan Hyakuya yang tersisa, dan nyawa mereka pun sama terancamnya dengan yang lain.

Michaela pun berusaha mengulur waktu agar Hyakuya bisa pergi melewati pintu keluar, namun Hyakuya tentunya tidak bisa pergi tanpa Michaela.

Hyakuya berhasil keluar dari dunia vampir itu, dan saat itu pula ia bertemu dengan Glen Ichinose, kapten dari Pasukan Iblis Kekaisaran Jepang.

Untuk membalas kematian teman-temannya, ia bersedia untuk bergabung dengan pasukan itu agar ia bisa berlatih dan mendapat kekuatan melawan vampir tersebut.

Empat tahun kemudian, Hyakuya yang kini tergabung dalam Pasukan Iblis Rembulan, sebuah unit pembunuh vampir, semakin bersemangat untuk menghabisi semua vampir yang ada di dunia agar dunia kembali damai seperti sedia kala.

Overlord


Diadaptasi dari sebuah web novel yang akhirnya terbit menjadi light novel, Overlord karya Kugane Maruyama mengangkat tema player MMORPG yang terperangkap dalam dunia virtual.

Tapi tunggu dulu, ada bagian yang menarik. Player ini tidak berusaha menjadi pahlawan. Namun dia justru menjadi Overlord atau bisa disamakan dengan raja iblis.

Lantas apa yang dilakukan Overlord ini? Salah satunya adalah meningkatkan kekuasaan.

..Pemain dengan handle name Momonga sangat suka game virtual Yggdrassil. Dia sudah mencapai max level dengan sebuah staf weapon terkuat.

Setelah beroperasi 12 tahun, server Yggdrassil harus ditutup.

Momonga ingin menikmati hingga akhir, menunggu waktu 00.00 saat penutupan server di singgasana guild meski sempat terlelap sebentar.

Tak diduga setelah beberapa menit membuka matanya, dia masih berada dalam game.

Dia pun juga menemukan berbagai keanehan. NPC yang loyal padanya bisa berdialog bebas, mengerti perintah baru bahkan Momonga bisa mencium bau.

Kasus terperangkap di Overlord memang bukanlah sekedar terperangkap dalam game. Tapi pemain pindah ke sebuah alternate universe meski belum ada penjelasan.

Bila kalian bosan dengan karakter utama menjadi pahlawan, Overlord perlu diintip.

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri


Bagaimana jadinya jika makhluk-makhluk fantasi seperti ksatria dan naga muncul di dunia modern dan membantai orang-orang?

Kira-kira seperti itulah situasi yang terjadi di Ginza ketika sebuah gerbang misterius muncul di tengah jalan.

Dari dalamnya keluar makhlukmakhluk fantasi dari era Romawi/pertengahan tersebut. Meskipun awalnya kewalahan, tim gabungan polisi dan pasukan bela diri (JSDF) berhasil mengalahkan seluruh musuh yang keluar dari gerbang itu.

Merespon hal ini, perdana mentri Jepang pun memerintahkan pengiriman kontingen JSDF ke dalam gerbang untuk menangkap pemimpin penyerangan masif yang menelan korban jiwa yang tak sedikit itu.

Ushio to Tora


Dikisahkan bahwa keluarga Aotsuki Ushio mengelola sebuah kuil.

Ayahnya, Shigure, sering sekali pergi ke luar kota daripada mengurus kuil.

Ushio sering kali diceritakan bahwa 500 tahun yang lalu, kuil mereka menjadi tempat tersegelnya seekor siluman yang sangat kuat.

Ushio sendiri tidak mempercayainya. Namun ia tak sengaja membuka pintu rahasia di gudang.

Di sana ia menemukan sang siluman yang tak bisa bergerak karena tombak Kemono menancapkan tubuhnya ke dinding.

Awalnya Ushio membiarkan siluman itu karena ia masih bisa memangsa manusia yang mendekatinya.

Namun pertemuan Ushio dengan sang siluman menarik perhatian siluman-siluman rendahan yang segera mengerubuni kuil Aotsuki.

Menyadari bahwa dua teman Ushio, Nakamura Asako dan Inoue Mayuko hendak dilahap oleh para siluman, Ushio mencabut tombak Kemono dan memerintahkan si siluman yang terjebak untuk memberantas para siluman di luar.

Dengan tombak Kemono pula, Ushio mendapatkan kekuatan untuk membasmi para siluman. Ushio lalu memberi nama sang siluman buas, yaitu Tora.

Makanya judul animenya Ushio to Tora xD

One Punch Man


Saitama, walau penampilannya tidak meyakinkan, dengan ekspresi datar dan kepala yang botak, namun Ia memiliki kekuatan yang luar biasa!

Saitama adalah seorang superhero yang haus akan lawan kuat, sebab musuh setangguh apapun, pada akhirnya akan mati karena satu pukulan dari Saitama.

Mampukah Saitama menemukan musuh kuat yang mampu berhadapan dengannya?

Meskipun terdengar klise dan membosankan, namun cerita diracik sedemikian rupa dan mencampurkan unsur komedi yang pas sehingga anime ini terasa sangat menghibur.

Bahkan anime ini bisa dibilang adalah salah satu anime paling ditunggu dalam season ini.

Dengan berbagai seiyuu kelas atas dan juga lagu opening yang diisi oleh grup penyanyi anisong kawakan, JAM Project, makin melengkapi alasan mengapa kamu harus menonton anime ini.

Selain itu, animasi dari Madhouse terlihat sangat bagus dan konsisten, tidak ada penurunan kualitas dari awal hingga akhir episode.

Tidak hanya hype sebelum tayang, namun setelah tayang pun, judul ini mampu menjaga hype yang ada.

K-Project


Saya akui, anime season pertamanya meski pada awalnya begitu hype, namun seakan memudar ketika animenya tayang.

Semua itu berkat plot yang berjalan lambat, serta arah tujuan cerita yang tidak jelas, menyebabkan twist menjelang akhir episodenya terasa begitu hambar.

Namun semuanya berubah di season kedua, di mana cerita terasa lebih jelas, dan perseteruan antar klan menjadi menarik untuk diikuti dengan hadirnya musuh bersama.

Animasinya jelas terlihat memukau, begitu juga dengan background song indah yang mengiringi setiap adegan dengan sempurna.

Jika kamu mampu memaafkan season pertamanya, ada baiknya kamu juga mengikuti season keduanya, yang terasa lebih baik ini.

Anime ini berlatar di era Jepang modern, dimana ada tujuh klan yang masing-masing memiliki raja dengan kekuatan yang berbeda.

Biru bertugas mengatur, merah identik dengan kekacauan, putih identik dengan hal-hal yang tidak biasa, serta hijau yang melambangkan reformasi.

Klan hijau pun mulai mengancam dengan mulai menyerang, dan klan lain berusaha mencari tahu dalang di balik klan hijau yang sebenarnya.

Rokka no Yuusha


Sudah 300 tahun sejak kekalahan iblis di tangan para kesatria Bunga. Kesatria Bunga adalah enam orang terpilih yang diberikan kekuatan oleh sang Dewi Takdir.

Walaupun mereka tidak saling mengenal, tapi mereka harus bekerjasama demi menumpas iblis yang muncul di hadapan mereka.

Kini kerajaan yang hidup dengan damai, kembali harus bersiap akan datangnya kembali iblis.

Para Kesatria Bunga dari berbagai penjuru negeri harus berkumpul di gerbang masuk Negeri Raungan Iblis untuk bisa menyusun strategi kemenangan.

Bisakah mereka yang tidak saling kenal akur satu sama lain? Kenapa ada tujuh Kesatria yang harusnya cuma enam? Bisakah mereka menguasai kemampuan mereka untuk mengalahkan raja iblis?

..Walaupun ceritanya terbilang klasik, tentang petualangan para pahlawan, kostum Nashetania yang bagaikan fanservice berjalan, serta alur cerita yang monoton, namun faktor misteri dari Kesatria ketujuh yang belum terungkap, serta seperti apa bentuk raja iblis dan dewi Takdir yang sesungguhnya, menjadikan anime ini lumayan menarik untuk diikuti di musim ini.

Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans


Pada Post Disaster 323, satuan khusus pihak swasta yang ditugaskan untuk melindungi Putri Chryse bernama Chryse Guard Security (CGS) diserang oleh pasukan organisasi teroris bernama Gjallarhorn.

Chryse Guard Security (CGS) adalah satuan khusus pihak swasta yang ditugaskan untuk melindungi Putri Chryse, Cordelia Aina Bernstein.

Mereka memiliki sebuah mobile suit bernama Gundam Barbatos. Gundam ini merupakan sisa peninggalan perang dari 'Calamity War'

Keadaan Gundam Barbatos belumlah sempurna, sehingga sang pilot, Mikazuki Augus, harus menambah pelindung dan persenjataan lain dari bangkai mobile suit yang berhasil mereka kalahkan.

Mampukah ia mengoperasikan mobile suit tersebut?

Kekkai Sensen


Fast, Cool dan Stylish.. Itulah tiga kata yang bisa menggambarkan anime besutan sutradara Rie Matsumoto yang terkenal dengan kelihaiannya melakukan adegan cepat serta studio Bones yang selalu menyajikan anime action yang keren.

Kekkai Sensen pintar memadukan semua unsur mulai dari penokohan, latar tempat yang terinspirasi dari New York City lengkap dengan segala suasananya sampai, pengemasan action yang cepat dan menarik serta hal-hal kecil yang membuat cerita menjadi komikal dan membuat penonton terus penasaran dengan petualangan Leo serta kawan-kawannya dalam organisasi Libra.

Kekkai Sensen juga membuktikan bahwa sebuah filler bisa menjadi sesuatu yang menarik dan jangan lupa dari segi musik mulai dari musik latar sampai musik pembuka serta penutupnya sangat mendukung anime ini sehingga mendapat atmosfir yang tepat.

Bermain dengan atmosfir dengan cerita yang seru dan tidak kompleks merupakan salah satu kekuatan Kekkai Sensen dan membuat anime ini menonjol di musimnya.

Noragami


Noragami bercerita tentang Yato, dewa minor yang tidak terkenal bahkan tidak memiliki kuil.

Dia rela melakukan berbagai pekerjaan dengan bayaran 5 yen. Mulai dari membersihkan toilet, mencari orang, mencari solusi permasalahan dan tentu saja membasmi phantom.

Kisah inti dimulai saat Yato bertemu dengan Iki Hiyori, cewek yang menyelamatkannya ketika Yato hampir ditabrak bus.

Akibat tabrakan ini, Hiyori pingsan tapi secara ajaib tidak mendapatkan luka serius. Begitu bangun, Hiyori mendapatkan kemampuan sejenis dengan astral projection.

Sayangnya kemampuan ini tidak terkendali. Saat Hiyori tanpa sadar melakukan astral projection, tubuh aslinya tertidur. Rohnya yang keluar ditandai dengan ekor mirip kucing.

Ekor ini sebetulnya sebuah kabel yang menghubungkan dengan tubuh asli. Bila kabel ini putus, dia bisa tewas selamanya.

Hiyori kembali mencari Yato untuk mencari solusi dari masalah yang diamalinya tersebut. Hanya dengan 5 yen, Yato menyanggupi permintaan Hiyori.

Darisini lah petualangan demi petualangan yang seru, kocak dan terkadang mengharukan pun bergulir.